Pengembangan Vlog Pembelajaran Matematika dengan Konteks Ibadah Islam dalam Materi Himpunan Vlog pembelajaran matematika

Main Article Content

Sawindah Irhan
Sujinal Arifin
Liana Septy

Abstract

Vlog pembelajaran matematika dengan konteks ibadah dalam materi himpunan sangat diperlukan dalam pembelajaran di era new norma. Penelitian bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa vlog pembelajaran yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Tessmer dengan tahapan: tahap preliminary (tahap persiapan, tahap pendesainan materi) dan tahap formative evaluation (self evalution, expert review, one-to-one, revisi, small group, revisi, dan  field test). Validasi produk meliputi validasi agama, materi dan media. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket, dan tes soal. Hasil penelitian yaitu memperoleh hasil 83% untuk kevalidan, 85% kepraktisan, dan 87% untuk efek potensial. Kesimpulan hasil penelitian adalah vlog pembelajaran dengan konteks ibadah islam dalam materi himpunan dinyatakan valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa.


 


Kata Kunci: Vlog Pembelajaran Matematika, Himpunan, Konteks Ibadah Islam

Article Details

Section
Articles

References

Amalliah, & Yunita, R. (2020). Media vlog sebagai strategi komunikasi dalam metode pembelajaran dikalangan siswa dalam menghadapi pandemic covid 19. jurnal Akrab Juara, 19.
Amir, M. F., & Prasojo, B. H. (2016). Matematika dasar. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.
Aryani, W., & Mansur. (2017). Pengaruh penggunaan alat peraga mistar Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa . Jurnal PRIMARY, 71.
Fredlina, K. Q., Putri, G. A., & Putri Astawa, N. N. (2021). Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran matematika di Era New Normal. Jurnal unja, 1.
Gradini, E., wahyuni, S., & Ansor. (2017). Efektivitas penerapan pembelajaran matematika Qur'ani dalam pembelajaran himpunan. Al-Khawarizmi, 2-3.
Hasyim, A. W. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis proyek denan menggunakan Vlog (Video Blog). UIN Sunan Ampel, 84.
Iqbal, M., Latifah, S., & Irwandani, I. (2019). Channel Youtube Video Blog (Vlog) Pengembangan dengan pendekatan Stem sbagai alternatif media pembelajaran. Kelitbangan, 144.
Kadir, & Masi, L. (2014). Pengaruh konteks dan pengetahuan awal Matematika dalam pembelajaran keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Matematika., 55.
Maldin, S. A., Reza, S., & Rezeki, I. (2018). Stepping up the english speaking proficiency of hospiltality students trough video blogs (vlogs). Jornal Atlantis Press, 59.
Manurung, M. M., Windria, H., & Arifin, S. (2018). Desain pembelajaran materi himpunan dengan pendekatan realistic mathematics education (RME) . Jurnal Derivat, 20.
Marthani, G. Y., & Ratu, N. (2022). Media pembelajaran matematika digital "BABADA" . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 305.
Muzhaffar, I. W., & Anistyasari, Y. (2020). Pengembangan media pembelajaran vlog pada mata pelajaran dasar gesai Grafis. Jurnal IT-EDU, 104.
Novianti, D. A. (2015). Pengembangan modul akuntansi aset tetap berbasisi pendekatan saintifik sebagai pendukung implementasi k-13 di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan, 4.
Putra, A., & Andriani, M. (2021). Systematic literature review : Media Video Blog (Vlog) on learning. Alauddin, 119.
Ratuanik, M. (2019). Desain pembelajaran pada materi himpunan menggunakan model problem based learning. Jurnal Asimtot, 94.
Septy, L., Lesmana, H., & Utari, R. S. (2022). Perspektif siswa tentang penggunaan matematika belajar vlog di masa pandemi. Atlantis Press, 143.

Sukmawati, N. K., & Siswono, T. Y. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pemecahan masalah kolaboratif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 484.
Tessmer, M. (1993). Merencanakan dan mealkukan evalusai formatif. London: Kogan Page.
Wisnu Susanto, L. A., & Yudanti, E. (2020). Efektivitas video pembelajaran matematika kelas VII SMP pada konsep operasi bilangan bulat. Jurnal Primatika, 102.
Yolanda, R., Rejeki, S. I., Salsabilah, L. S., & Sukmawarti. (2021). Alternatiff Pembelajaran matematika menggunakan media online. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Pendidikan (JPPT), 74.