Pengembangan Modul Elektronik Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar modul elektronik matematika menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition 2.4.9.31 pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan kategori valid, praktis, serta efek potensial pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah design research pada bagian development study dengan prosedur Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary dan tahap prototyping dengan alur formative evaluation (tahap self evaluation, one-to-one, small group, dan field test). Konten matrei disusun berdasarkan pendekatan kontekstual dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Pangkalpinang. Hasil menunjukkan modul elektronik yang dikembangkan valid berdasarkan hasil lembar validasi ahli, praktis berdasarkan angket peserta didik, serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Modul Elektronik, Kontekstual, Hasil Belajar