Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi pada Materi Sintesis Protein dengan Penerapan Model Pembelajaran Role Playing

(Penelitian Perbaikan Proses Pembelajaran)

  • Aulia Ulmillah jurusan biologi, fakultas sains dan teknologi, universitas jambi
  • Siti Mardiyah jurusan biologi, fakultas sains dan teknologi, universitas jambi
  • Tia Wulandari jurusan biologi, fakultas sains dan teknologi, universitas jambi
  • Hesti Riany jurusan biologi, fakultas sains dan teknologi, universitas jambi
  • Ashif Irfan Yusuf jurusan biologi, fakultas sains dan teknologi, universitas jambi

Abstract

Sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempelajari genetika modern terutama sintesis protein yang mencakup replikasi, transkripsi, dan translasi. Salah satu solusinya adalah penerapan model pembelajaran yang tepat. Model Pembelajaran yang dianggap sesuai yaitu model pembelajaran bermain peran (role playing). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi.


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 1 siklus. Metode pengumpulan data meliputi angket dan lembar observasi sebagai data primer, tes dan dokumentasi sebagai data sekunder. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan secara kualitatif..


Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa program studi biologi pada mata kuliah genetika. Rerata persentase pada indikator ketepatan mahasiswa masuk kelas yaitu sebesar 70 % yang menunjukkan tingkat motivasi awal mahasiswa untuk belajar termasuk kategori tinggi. Hasil analisis lembar observasi juga menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa selama pembelarajan tergolong tinggi dengan rerata persentase sebesar 80 % - 90 %. Hasil analisis rerata data tes juga menunjukkan peningkatan yaitu dari 20,73 menjadi 33,10.  Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar mahasiswa juga akan meningkatkan hasil belajar.

Published
2018-06-25
How to Cite
ULMILLAH, Aulia et al. Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi pada Materi Sintesis Protein dengan Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 26-34, june 2018. ISSN 2614-1507. Available at: <http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/jemst/article/view/5>. Date accessed: 03 mar. 2021.
Section
Articles