Motivasi Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam Pembelajaran Fisika

  • zainal hartoyo pendidikan fisika, fakultas tarbiyah dan keguruan, universitas islam negeri sulthan thaha saifuddin jambi

Abstract

Riset mengenai motivasi belajar fisika mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (UIN STS Jambi) masih sangat terbatas. Padahal riset mengenai motivasi mahasiswa dalam belajar fisika sangat dibutuhkan untuk desain persiapan dan proses pembelajaran. Oleh karena itu, riset ini difokuskan untuk mengetahui gambaran motivasi mahasiswa dalam belajar fisika dan perbedaan motivasi antara mahasiswa perempuan dan mahasiswa laki-laki. Riset dilakukan dengan cara membagikan angket motivasi fisika kepada mahasiswa Program Studi Fisika yang sudah pernah mengambil matakuliah yang pokok bahasannya mengenai fisika. Angket yang digunakan merupakan angket motivasi fisika yang dikembangkan oleh Glynn dan Koballa. Angkaet tersebut memiliki validitas dan reliabilitas yang baik dan merupakan instrumen yang efisien untuk mengukur motivasi mahasiswa. Hasil riset ini menunjukkan bahwa (1) motivasi siswa dalam belajar fisika termasuk dalam kategori kadang-kadang sampai sering termotivasi, (2) secara umum tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi mahasiswa perempuan dengan mahasiswa laki-laki tetapi rata-rata motivasi mahasiswa perempuan lebih tinggi dari mahasiswa laki-laki, dan (3) jika ditinjau dari komponen motivasi, pada setiap komponen motivasi,rata-rata motivasi mahasiswa perempuan lebih tinggi daripada mahasiswa laki-laki.

Published
2018-06-25
How to Cite
HARTOYO, zainal. Motivasi Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam Pembelajaran Fisika. JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 20-25, june 2018. ISSN 2614-1507. Available at: <http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/jemst/article/view/4>. Date accessed: 03 mar. 2021.
Section
Articles