Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Program Macromedia Flash 8 pada Materi Statistika

  • Defina Dwi Bulan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jambi

Abstract

Salah satu permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran matematika adalah kebanyakan guru menerapkan metode ekspositori dalam pembelajaran matematika. Sehingga menyebabkan guru lebih berperan aktif dibandingkan siswa itu sendiri dan menimbulkan kejenuhan dalam pembelajaran matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut, harus dilakukan variasi dalam metode mengajar yaitu salah satunya dengan mengembangkan model pembelajaran  menggunakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman dan menambah motivasi siswa untuk belajar. Komputer dapat menjadi solusi dalam menghasilkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif yang membantu guru dalam menyampaikan materi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk membuat bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada materi statistika dengan menggunakan program Macromedia Flash 8 serta mengetahui tanggapan siswa terhadap manfaat penggunaannya dengan menyebarkan angket terbuka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SMA Yadika Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket terbuka kepada siswa kelas XI IPA SMA Yadika Kota Jambi. Setelah angket dikembalikan, data kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa lebih termotivasi dan lebih mudah memahami materi matematika dengan menggunakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif. Selain itu, bahan ajar yang bersifat interaktif ini dapat memberikan umpan balik siswa terhadap materi yang ditampilkan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru menggunakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada saat menyampaikan materi statistika dan materi lainnya karena dapat membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar matematika dan lebih mudah memahami materi pelajaran yang ditampilkan.

Published
2020-12-03
How to Cite
BULAN, Defina Dwi. Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Program Macromedia Flash 8 pada Materi Statistika. JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-10, dec. 2020. ISSN 2614-1507. Available at: <http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/jemst/article/view/21>. Date accessed: 21 jan. 2021.