Pengembangan Handout dan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM)

  • Nova Kafrita UIN Sulthan Thaha SSaifuddin Jambi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pembelajaran Hukum Newton yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Materi Hukum Newton menuntut siswa untuk mengaplikasikan materi yang dipelajari dengan lingkungan dan kehidupan masyarakan. Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) sesuai dengan karateristik siswa dan materi Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (reseach and developmen) yang mengacu pada model 4-D. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengahasilkan Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika SMA menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) yang  valid, praktis dan efektif pada materi  Hukum Newton di kelas X. Subjek penelitian adalah Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS)menggunakan model Sains Teknologgi Masyarakat (STM). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika SMA menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat  (STM) pada materi Hukum Newton. Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika SMA menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat  (STM) yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.

References

Ali Mohammad & Muhammad Asrori. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arifin Zainal. 2012. Model Penelitian dan Pengembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Devi, Popy Kamalia Dkk. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: PPPTK IPA untuk Program Bermutu.
Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.
Kemp. 1994. Dalam Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: Sinar Grafika Offset.
Punaji. 2012. Metode Penelitian dan pengembangan. Jakarta: Kencana
Poedjiadi, Anna. 2007. Sains Teknologi Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuara Nilai. Bandung : Kerjasama PT Remaja Rosdakarya dengan Program Pascasarjana Univrsitas Pendidikan Indonesia.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Surabaya: Sinar Grafika Offset.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Widodo, Chomsin S & Jasmadi. 2008. Panduan penyusunan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Elex Media
Published
2019-12-31
How to Cite
KAFRITA, Nova. Pengembangan Handout dan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM). JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 37-44, dec. 2019. ISSN 2614-1507. Available at: <http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/jemst/article/view/17>. Date accessed: 28 jan. 2020.