Pengembangan Majalah Sebagai Bahan Ajar Biologi pada Materi Reproduksi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas

  • Nining Nuraida UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Alfi AStuti UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah sebagai bahan ajar biologi pada materi reproduksi di Sekolah menegah Atas. Pengembangan majalah menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah dosen ahli sebagai validator, guru dan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pengabuan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket, dan soal pemahaman konsep siswa yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan tingkat pemahaman konsep siswa terhadap majalah yang dikembangkan. Kelayakan berdasarkan atas pendapat validator, guru, dan angket respon siswa. Pemahaman konsep didasarkan atas jawaban skor rata-rata siswa dari soal yang diberikan. Hasil uji kelayakan oleh 3 orang ahli (media, materi dan bahasa) sebesar 98,89% dengan kriteria sangat layak. Hasil data tanggapan guru sebesar 78,85% dengan kriteria layak. Hasil data tanggapan siswa sebesar 80% dengan kriteria layak. Hasil uji pemahaman konsep siswa yang berjumlah 21 orang siswa dirata-ratakan sebesar 85,58% dengan kriteria sangat tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan bahan ajar biologi berbentuk majalah berbasis pemahaman konsep siswa pada materi reproduksi, disimpulkan dalam kriteria layak digunakan dan pemahaman konsep siswa pada materi reproduksi dikategorikan sangat tinggi.

References

Arsyad, Azhar. 2010. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.
Multyaningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tiemensma, Leone.2009. Visual literacy: to comics or not to comics? Promoting literacy using comics.World Library And Information Congress: 75th Ifla General Conference And Council, 1(1), 1-9. Retrieved from http://www.ifla.org/annual-conference/ifla75/index.htm
Trianto. 2009. Mendesan Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada kurikulum KTSP. Jakarta: Kharisma putra utama.
Trianto.2010.Model Pengembangan Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasi Dalam KTSP, Jakarta: Bumi Aksara
Published
2019-06-28
How to Cite
NURAIDA, Nining; ASTUTI, Alfi. Pengembangan Majalah Sebagai Bahan Ajar Biologi pada Materi Reproduksi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 22-28, june 2019. ISSN 2614-1507. Available at: <http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/jemst/article/view/16>. Date accessed: 28 jan. 2020.