Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Diana Susanti STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Ria Kasmeri STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Yudesia Versi STKIP PGRI Sumatera Barat

Abstract

Proses pembelajaran hendaknya berpusat pada siswa namun pada pelaksanaannya masih berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan model discovery learning dengan media gambar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen.  Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN 7 Pesisir Selatan pada tahun akademik 2018/2019. Kelas eksperimen adalah VIII. 5 dan kelas kontrol adalah VIII. 3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah Randomized Control Posttest Only Design. Penilaian kognitif dapat dilihat dari tes akhir siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t, dengan kriteria t hitung> t tabel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan rata-rata tes hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 80,70, di lain pihak rata-rata tes hasil belajar siswa di kelas kontrol adalah 69, 37. Setelah uji coba dilakukan, peneliti menemukan jika harga t hitung 6,59 dan t tabel 1,67 itu berarti t hitung> t tabel, sehingga hipotesis penelitian diterima. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan jika penerapan Discovery Learning Model dengan media gambar dapat meningkatkan skor siswa dalam mata pelajaran biologi dalam domain kognitif di kelas VIII MTsN 7 Pesisir Selatan.

References

Dimyati, Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstuan dalam pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
Nurdin, Muhammad. 2016. Pengaruh MetodeDiscovery Learning umtuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. jurnalPendidikan Universitas Garut.
Putrayasa, M. 2014. Jurnal (Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa). Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia
Sanjaya,Wina.2012.Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2019-06-28
How to Cite
SUSANTI, Diana; KASMERI, Ria; VERSI, Yudesia. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 16-21, june 2019. ISSN 2614-1507. Available at: <http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/jemst/article/view/15>. Date accessed: 28 jan. 2020.