Analisis Kebutuhan Siswa terhadap Panduan Praktikum IPA Berbasis Problem Based Learning

  • Vivi Fitriani STKIP PGRI Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan siswa untuk pengembangan panduan praktikum berbasis problem based learning. Panduan praktikum diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kerjasama siswa.  Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan disseminate. Analisis kebutuhan siswa dilakukan pada tahap define yang terdiri dari analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, dan analisis tugas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 5 Koto XI Tarusan. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa siswa membutuhkan buku panduan praktikum berbasis problem based learning. Secara umum, dapat dilihat bahwa 86,9% siswa menyukai kegiatan praktikum. 100% siswa menyatakan bahwa dalam kegiatan praktikum mereka tidak menggunakan buku panduan, buku yang digunakan pada saat praktikum, yaitu buku teks, 78,3% siswa menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan ketika melakukan kegiatan praktikum, karena dalam buku teks tidak ada lembar kegiatan untuk siswa dan langkah-langkah dalam melakukan kegiatan praktis juga kurang dipahami oleh siswa. 100% siswa menyatakan bahwa mereka membutuhkan buku panduan praktikum agar kegiatan praktikum dapat berjalan dengan lancar.

References

Ardiyanti, Y. 2014. Penggunaan Lembar Kerja (LK) Terbuka untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif pada
Mata Kuliah Biologi Umum. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(1), 18-21.
Chodijah, S., Fauzi, A., & Wulan, R. 2012.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(2012), 1-19, ISSN: 2252-3014.
Nurdin, Heri. Chandra Ertikanto. 2015. Deskripsi Analisis Kebutuhan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Kelas Vii Di SekolahMenengah Pertama (Smp) Negeri I Gisting. Jurnal fisika. 4 (11), ISSN: 2476-9398.
Pariska, I.S., Elniati, S., & Syafriandi. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Matematika Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 75-80.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresifdan kontekstual. Jakarta: Kencana Predanamedia Grup.
Yuanita, Desiana Irma. 2015. Pengembangan Panduan Pratikum Spektrokospi Pada Mata Kuliah Fisika Modern.2(I). Hlm. 78-79.
Published
2019-06-28
How to Cite
FITRIANI, Vivi. Analisis Kebutuhan Siswa terhadap Panduan Praktikum IPA Berbasis Problem Based Learning. JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 10-15, june 2019. ISSN 2614-1507. Available at: <http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/jemst/article/view/14>. Date accessed: 28 jan. 2020.