Model MASTER dan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together: Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Desy Rosmalinda Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Abstract

Kimia dikenal dengan konsep-konsepnya yang bersifat abstrak, salah satu contohnya yaitu konsep larutan asam dan basa. Pada konsep larutan asam dan basa siswa harus memahami bagaimana karakteristik larutan asam dan basa, serta bagaimana menentukan pH larutannya. Kondisi ini menyebabkan perlunya model pembelajaran yang tepat agar siswa mampu memahami konsep larutan asam dan basa yang diberikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan model MASTER dan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu quasi eksperimen, dengan rancangan penelitian yang digunakan  The Matching-Only Posstest-Only Control Group Design. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 3 kelas sebagai sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan ANAVA satu arah. Setelah itu dilanjutkan dengan analisis perbedaan parsial menggunakan metode Tukey’s. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model MASTER memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada konsep larutan asam basa, sedangkan model Cooperative learning tipe NHT tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Artinya langkah kerja pada model MASTER mampu diterima dengan baik oleh siswa sehingga siswa mampu menguasai konsep yang diberikan dengan baik sehingga memiliki hasil belajar yang baik pula.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Afni, M., Zahroh, A., Anwar, N., Irjasy, A., & Fauzi, A. (2018). Pembiasaan penerapan model problem based learning dan dampaknya terhadap peningkatan penguasaan konsep biologi siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional IV 2018: Peran Biologi Dan Pendidikan Biologi Dalam Revolusi Industri 4.0 Dan Mendukung Pencapaian Sustainability Development Goals (SDG’s), 23–30. Malang: Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.
Aisyah, S., & Ridlo, S. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran jigsaw dan problem based learning terhadap skor keterampilan metakognitif siswa pada mata pelajaran biologi. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 22–28.
Corebima, A. D., Susilo, H., & Nursyamsi. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together ( Nht ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(10), 1993–1998.
Dharmawati, A., & Kusuma, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Question and Answer Card Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(2), 1158–1166.
Fauzi, A. (2013). Pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi siswa SMA Kelas X dengan penerapan strategi pembelajaran cooperative script Di Malang (Universitas Negeri Malang). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.24659.99363
Isjoni. (2007). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
J.R, F., & Wallen, N. . (2003). How to design and Evaluate Research in Education 5th. New York: Mc Grand-Hil.
Jihad, A., & Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Presindo.
Maonde, F., & Ekadayanti, W. (2016). The effect of combination of cooperative learning models and prior knowledge of mathematics on students’ achievement. International Journal of Contemporary Applied Sciences, 3(5), 8–27.
Ramadani, S. D., Fauzi, A., Sukmawati, I., & Corebima, A. D. (2015). Perbandingan potensi strategi pembelajaran cooperative script dan reciprocal teaching dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, hasil belajar Biologi, dan retensi siswa SMA. Proceedings of the 2nd Seminar & Workshop Nasional Biologi, IPA, Dan Pembelajarannya FMIPA UM, 655–661. Malang: Biologi FMIPA UM.
Ramdiah, S., Mayasari, R., Husamah, & Fauzi, A. (2018). The effect of TPS and PBL learning models to the analytical ability of students in biology classroom. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 19(2).
Rose, C., & Nicholl, M. J. (2002). Accelerated Learning for The 21st Century (terjemahan Dedy Ahimsa). Bandung: Nuansa.
Sukmadinata, N. S. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tanjung, Y. I. (2015). Pengaruh Konsep Accelerated Teaching Model Master Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di Man 2 Model Medan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 1(1), 35. https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2695
Wijayati, N., Kusumawati, I., & Kushandayani, T. (2011). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2), 281–286.
World Education in Collaboration with Kampuchean Action for Primary Education. (2009). Cooperative Learning: Theory & Practice. Cambodia: USAID.
Published
2019-06-28
How to Cite
ROSMALINDA, Desy. Model MASTER dan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together: Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-9, june 2019. ISSN 2614-1507. Available at: <http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/jemst/article/view/13>. Date accessed: 28 jan. 2020.